Tulisan itu sebuah karya yang terkadang dipandang sebelah mata oleh mereka yang tidak mengerti betapa indahnya menulis

Senin, 08 Maret 2010

cuma share kebingungan gw aja (kuliah)

Sebenernya kuliah itu sebuah pilihan bener ga sih? Gw juga gatau teori yang benernya tuh gimana. Yang jelas, gw cuma mau share aja soal kuliah.

Menurut lu kuliah itu suatu keharusan ato bukan sih? Hmm... Tapi yang umum sih, orang-orang pada kuliah karena buat ngincer gelar, kalo udah punya gelar sarjananya, kan bisa kerja tuh diperusahaan2 yang jadi inceran. *okeoke klo lu ngerasa ga gitu, tapi ga usah pake nimpuk gw ye*

Walo kayanya termasuk kaum minoritas. Yang ga kuliah dan bisa sukses juga ada. Hmm.. Ambil contoh, *yang semalem gw liat aja yah* Obin. Bahkan dia ga lulus SD tapi sekarang jadi pengusaha batik sukses. Keren ga cuy??


Nah, yang sekarang lagi jadi pemikiran gw adalah.. Gw sendiri kuliah dengan tujuan apa sih? Pengennya sih biar gw bisa kerja dengan gelar sarjana psikologi gw nanti, Amiinn. Tapi semakin maju semester ini ko gw jadi aga ga yakin yah apa ini jalan buat gw? Hmm.. mungkin sebenernya gini. Gw tuh orangnya lebih seneng sesuatu yang menantang, ato yang seru, dan fun. Dan gw lebih seneng yang praktek2 gitu deh daripada berkutat dengan para teori-teori sekalian. Sedangkan, kuliah yang gw ambil ini sebagian BESAR isinya adalah sejumlah huruf-huruf yang tersusun menjadi kata-kata yang mejadi sebuah kalimat yang dikemukakan oleh orang2 terdahulu atopun sekarang. Singkatnya, teori dari para tokoh.

Gw sendiri bingung, gw maksain betah ato emang gw betah sih? Gw sih pengen jadi Psikolog suatu hari nanti. Tapi perjuangannya ini bener2 ampun yah. Kaya lagunya Syahrini...

"membuat diriku pusing setengah mati..
pusing setengah mati.. ah ah ah.."

Dan kembali muncul sebuah pertanyaan dalam diri gw "emangnya ini yang lu inginkan?" huaa.. Pertanyaan yang untuk saat ini gw ga tau harus jawab apa. Gw tergugah dari kata-kata nya Obin semalem di acaranya Rossy. Intinya yang gw tangkep dari yang dia bilang "kenapa mesti takut ga sukses cuma karena dalam bidang pendidikan lu ga masuk standar umum. Jangan mengukur seorang anak berdasarkan standar luar dong, karena sejujurnya setiap anak itu memiliki potensi masing-masing".

Setuju bangetlah pokonya gw. Terkadang orang-orang tuh suka men-judge anak yang pendidikan formalnya dibawah standar ato bisa dibilang jelek. Padahal seharusnya dikasih motivasi untuk bisa mengembangkan bakat diluar bidang formal tersebut. Seharusnya tokoh utama yang berperan dalam pe-motivasian ini adalah para orang tua. Tapi ga bisa dipungkiri juga, faktor yang membuat si anak ngerasa dirinya jatuh dan ga bisa apa-apa itu juga dari orang tua. *maaf bukan bermaksud menyudutkan ato menyalahkan orangtua yang sudah sangat berjasa*

Kebanyakan orang yang sukses justru berdasarkan pengalaman nonformalnya, dia belajar dari alam. Dari kehidupan. Yang sebenernya guru yang paling hebat sepanjang sejarah. *menurut gw*


So, sebenernya gw sendiri lagi berpikir. Potensi apa yang bisa gw kembangin diluar pendidikan formal gw. Sejujurnya gw sendiri masih terlalu takut buat melenceng dari jalur umum yang ada. Mungkin karena gw ga diterapin seperti itu. Yang diterapin ke gw, pendidikan formal yang utama. Setidaknya kalo ada apa2 lu punya ijazah minimal bisa aman. Ga salah juga sih, tapi menurut gw pribadi. Tu semua bikin seseorang jadi kaku dan terpaku sama satu arah. Jadinya, kalo seseorang itu belum tau arah yang sebenernya dia ikutin, pas disaat dia dilepas dengan dunia luar yang lebih sangat-sangat luas, dia kebingungan dan kehilangan keyakinan kalo arah yang dia tempuh itu emang yang seharusnya.

Well, gw sendiri masih bingung. Tapi semoga, gw temuin apa yang gw mau secepatnya. Biar gw tau kemana gw harus melangkah.

Udahan ahh ngocehnya.. Lama-lama makin ga jelas aja apa yang gw tulis. Ini aja kayanya kemana2. Hahaha... Maklumlah.. Hanya menyalurkan apa yang ada dipikiran gw. Syukur2 sih lu semua yang baca ngerti tujuan en de maksud tulisan gw. *ngekk*



nana ta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar